Inilah Tiga Jenis Kopi Jember dengan Citarasa Unik

JKF | 04 Oct 2019 03:08:54 PM

Inilah Tiga Jenis Kopi Jember dengan Citarasa Unik

Jatim Newsroom - Jember memiliki kondisi geografis yang unik. Selain dataran rendah juga terdapat dataran tinggi di lereng Gunung Argopuro yang sebagian besar menjadi lahan potensial untuk produksi tanaman kopi.

Terdapat tiga jenis kopi yang diproduksi di Jember. Pertama yang terbanyak adalah jenis Robusta. Uniknya, Robusta yang memiliki khas dominan rasa pahit berbeda dengan produksi Jember. Rasa asam khas Arabika juga bisa dinikmati dari jenis Robusta Jember.

Kedua, jenis kopi Liberica. Wilayah geografisnya hampir sama dengan Robusta yakni di dataran rendah. Soal rasa, dominan pahitnya jauh lebih kuat dibanding Robusta.

Ketiga adalah jenis Arabika yang produksinya masih terbatas. Pasalnya, di Gunung Argopuro belum semuanya cocok untuk pengembangan budidaya Arabika. Soal rasa, identik asam khas Arabika masih cukup kuat. Namun rasa manis juga tersimpan dari seduhan kopi Arabika Jember tersebut.

Untuk dapat menikmati tiga jenis kopi khas Jember itu bisa dicoba di stan pameran Jatim Kominfo Festival di GOR Ki Mageti Kab Magetan. Hari ini, Jumat (4/10) menjadi hari terakhir pameran. Bagi anda yang berminat bisa mencoba datang langsung ke lokasi pameran.

Namun, bagi anda yang berminat juga bisa mencobanya langsung di Jember. Salah satu kedai kopi yang menjual dan menyuguhkan tiga jenis kopi itu yakji B18 Coffee Bar. Kedai milik Ahda Rizki Maulana itu juga menjual kopi dalam bentuk bubuk yang telah dikemas menarik.

Untuk jenis Arabika dijual dengan harga Rp 80 ribu untuk ukuran 150 gram. Kopi jenis Liberica atau dikenal dengan kopi nangka karena memiliki aroma buah angka dibanderol Rp 35 ribu untuk ukuran100 gram. Harga serupa dengan Liberica juga dibanderal untuk kopi Robusta dengan ukuran yang sama. (afr/s)

Views 273

 

 

Web Statistic