Berikut Pemenang Festival Pertura di JKF 2019

JKF | 05 Oct 2019 12:19:43 PM

Berikut Pemenang Festival Pertura di JKF 2019
Foto : pca jnr

Jatim Newsroom - Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Jatim di halaman gedung olahraga kabupaten Magetan telah berakhir pada malam ketiga rangkaian acara Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019, Kamis (3/10). 

Panitia acara JKF Diskominfo Jatim akhirnya mengumumkan juara Kategori grup pertura penyaji terbaik yaitu juara pertama grup Kentrung Djos, Kabupaten Jember. Juara kedua grup TinkerBell, Kabupaten Sumenep, juara Ketiga grup Kendo kenceng, kota Malang. Juara ke empat grup Lang – lang buana. Kab Banyuwangi.

Sementara itu, untuk penulis naskah cerita terbaik Sutak Wardiono grup kendo kenceng, kota Malang. Sutradara terbaik Ilham Zoebazary dari grup kentrung Djos Kabupaten Jember, aktor pria terbaik Fajar Arianto dari grup unggul pamenang, kabupaten Magetan, serta aktris wanita terbaik Ganevo wati dari grup ketoprak Adi Budoyo, kabupaten Kediri.

Pertunjukan Rakyat ini merupakan salah satu media informasi dan komunikasi secara langsung dan terbuka yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat menyampaikan pesan-pesan melalui seni tradisi. 

“Peserta Pertura tahun ini bagus dan menampilkan cerita yang menarik membuat para juri bingung untuk menentukan siapa pemenanngya. Namun akhirnya para juri tetap harus menentukan pemenangnya,”ujar Juri Pertura dari Diskominfo Jatim, Cahyono.

Pengamat Seni Pertunjukan Rakyat dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, Tri Broto Wibisono, mengatakan, festival pertunjukan rakyat yang diadakan oleh Kominfo ini selain untuk melestarikan kesenian tradisional dengan kearifan lokal dari masing masing daerah, juga mengembangkan berkesenian yang mengikuti perkembangan jaman seperti penggunaan properti pertunjukan seperti dari panggung higga ditunjang teknologi informasi.

Seni pertura ini sarat dengan kritik sosial pesan eksplorasi tentang moral dan kehidupan yang ada lingkungannya, harapannya bisa melahirkan seniman pertunjukan rakyat terutama dari generasi milenial yang bisa mengangkat seni tradisi Jawa Timur ke tingkat nasional bahkan internasional. 

"Festival seni pertunjukan rakyat yang difasilitasi oleh Kominfo ini bisa semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga menarik kaum milenial menjadi pemain dan juga penontonnya," pungkasnya. (Pca/s)

Views 274

 

 

Web Statistic